BAHAN AJAR REMEDIAL BERBENTUK REFUTATION TEXT UNTUK MEMPERBAIKI PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA


Siti Herlina Dewi , 4301414104 (2018) BAHAN AJAR REMEDIAL BERBENTUK REFUTATION TEXT UNTUK MEMPERBAIKI PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (568kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar remedial berbentuk refutation text yang tervalidasi oleh ahli bahan ajar. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang terdiri atas dua siklus. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan metode kualitatif-kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari penilaian dan saran-saran dari para ahli bahan ajar yang diubah menjadi angka (pengskoran) untuk mendapat data kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Data kuantitatif juga diperoleh dari hasil implementasi. Penilaian kelayakan refutation text dilakukan oleh tiga ahli bahan ajar. Keefektifan bahan ajar diketahui dari data hasil implementasi untuk memperbaiki pemahaman konsep peserta didik yang belum tuntas pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Ungaran. Secara umum, para validator menyatakan bahan ajar layak digunakan sebagai bahan ajar remedial baik dari aspek materi maupun tampilan. Perbaikan paling banyak pada penggunaan istilah dan tata kalimat yaitu lebih disederhanakan agar lebih mudah dipahami. Tingkat validitas bahan ajar mendapat skor rata-rata 3,8 untuk aspek materi dan 3,7 untuk aspek tampilan dengan skor maksimal 5,00. Skor tersebut termasuk dalam kategori baik dengan keputusan layak digunakan dengan sedikit revisi. Secara umum peserta didik mengalami peningkatan pemahaman konsep dan penurunan miskonsepsi dengan nilai effect size sebesar 5,94 pada siklus 1 dan 4,12 pada siklus 2. Hal ini berarti bahan ajar berbentuk refutation text dapat memperbaiki pemahaman konsep tentang asam basa pada peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar remedial berbentuk refutation text layak digunakan dan cukup efektif untuk memperbaiki pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program remedial; Refutation text; Pemahaman konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Aug 2020 20:39
Last Modified: 09 Aug 2020 20:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37999

Actions (login required)

View Item View Item