ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY


Rohman Sururi , 7311414062 (2018) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persediaan bahan baku dan bahan penolong yang optimal merupakan hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Persediaan bahan baku dan bahan penolong yang optimal pada penelitian ini ditentukan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ), yang memiliki tingkat keakuratan perhitungan lebih baik daripada metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendekripsikan persediaan bahan baku dan bahan penolong yang optimal dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Objek penelitian ini adalah jumlah persediaan, jumlah pembelian, dan jumlah pemakaian dari bahan baku dan bahan penolong yang digunakan untuk proses produksi, serta biaya pemesanan dan penyimpanan dari bahan baku dan bahan penolong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yang digunakan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam pengendalian persediaan bahan baku dan bahan penolong di Yorega Bakery Kebumen dengan menggunakan perhitungan safety stock, reorder point, maximum inventory, dan total inventory cost. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan TIC berdasarkan metode Economic Order Quantity lebih optimal dibandingkan dengan metode konvensional, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp 834.358,00 untuk tepung terigu, Rp 784.168,00 untuk gula pasir, Rp 894.173,00 untuk telor, dan Rp 898.321,00 untuk mentega. Simpulan dari penelitian ini adalah perhitungan persediaan bahan baku dan bahan penolong lebih optimal jika menggunakan metode Economic Order Quantity. Hal ini terlihat apabila perusahaan menggunakan metode EOQ dalam perhitungan persediaan maka hasil dari TIC lebih efisien dibanding dengan menggunakan metode konvensional. Oleh sebab itu, saran yang dianjurkan bagi Yorega Bakery adalah untuk menggunakan metode Economic Order Quantity dalam proses pengendalian persediaan bahan baku dan bahan penolong. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persediaan Bahan Baku, Persediaan Bahan Penolong, Economic Order Quantity (EOQ), Reorder Point (ROP), Safety Stock (SS), Maximum Inventory (MI), Total Inventory Cost (TIC).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 19:58
Last Modified: 09 Aug 2020 19:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37996

Actions (login required)

View Item View Item