KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERBASIS BAHAN ALAM MATERI TITRASI ASAM BASA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS


Amalia Azzahra , 4301414102 (2018) KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERBASIS BAHAN ALAM MATERI TITRASI ASAM BASA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan LKPS berbasis Bahan Alam materi titrasi asam basa terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Kendal. Prosedur penelitian meliputi: (1) pendefinisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan produk. Hasil penilaian validasi LKPS menunjukkan LKPS yang dikembangkan layak dengan persentase skor rerata validator untuk materi sebesar 89,58%dan media sebesar 90,28%. Hasil analisis keterampilan proses sains melakukan praktikum yaitu 60 siswa mencapai predikat sangat baik dengan 9 diantaranya mendapatkan predikat baik, dan hasil tes soal evaluasi diketahui bahwa 62 dari 69 siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (≥75). Uji coba skala besar data tanggapan guru perolehan rerata skor sebesar 45,5 dengan kriteria sangat berkesan dan data tanggapaan siswa memiliki rata-rata skor 35,04 dengan kriteria berkesan. LKPS berbasis bahan alam dapat mengukur keterampilan proses sains siswa. Angkat tanggapan siswa juga diuji reliabilitasnya dan diperoleh hasil bahwa reliabilitas angket tanggapan siswa sebesar 0,89. Berdasarkan tahap validasi, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar menunjukkan bahwa LKPS berbasis bahan alam materi titrasi asam basa terhadap keterampilan proses sains siswa adalah salah satu petunjuk praktikum yang layak, efektif, dan praktis untuk digunakan. Hal ini menunjukkan pembelajaran praktikum berbasis bahan alam berbantuan LKPS memberikan kesempatan siswa untuk aktif berpartisipasi selama proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran tersebut dapat mengukur keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; keterampilan proses sains siswa; lembar kerja praktikum siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Aug 2020 20:34
Last Modified: 09 Aug 2020 20:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37993

Actions (login required)

View Item View Item