PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA, NILAI PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PASIEN RAWAT JALAN RSUD BENDAN PEKALONGAN)


Ida Farida, 7311414053 (2018) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA, NILAI PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PASIEN RAWAT JALAN RSUD BENDAN PEKALONGAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sektor jasa terutama jasa kesehatan mengalami perkembangan yang semakin meningkat sehingga persaingan semakin ketat. Setiap rumah sakit harus mampu menggunakan berbagai cara agar dapat menarik pasien melalui kualitas pelayanannya. sehingga tingkat kepuasan konsumen menjadi faktor penting agar dapat mempertahankan pasien. Secara umum jumlah pasien rawat jalan RSUD Bendan Pekalongan dari tahun ke tahun (2016-2017). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, citra, nilai pelanggan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada pasien rawat jalan RSUD Bendan Pekalongan baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan RSUD Bendan Pekalongan. Sampel penelitian menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling sejumlah 107 pasien rawat jalan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS IBM 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan (X1), citra (X2), nilai pelanggan (X3) dan kepercayaan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Secara simultan menunjukkan kualitas layanan (X1), citra (X2), nilai pelanggan (X3) dan kepercyaan (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Simpulan dari penelitian ini kualitas layanan, citra, nilai pelanggan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara parsial maupun secara simultan. Saran bagi rumah sakit agar memberikan pelatihan secara berkala kepada tenaga medis rumah sakit supaya bisa meningkatkan profesionalisme tenaga medis sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Citra, Nilai Pelanggan, Kepercayaan, dan Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 18:09
Last Modified: 09 Aug 2020 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37986

Actions (login required)

View Item View Item