PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN DEWAN DIREKSI DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL PADA STRUKTUR MODAL


Emi Lusiana , 7311414049 (2018) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN DEWAN DIREKSI DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL PADA STRUKTUR MODAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, ukuran dewan direksi dan kepemilikan institusional pada struktur modal. Struktur modal diproksikan oleh Debt to Equity Ratio (DER). Populasi penelitian adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan pendekatan random effect model melalui aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan pada struktur modal. Struktur aktiva, ukuran perusahaan, ukuran dewan direksi dan kepemilikan institusional berpengaruh tidak signifikan pada struktur modal. Saran bagi perusahaan yaitu dapat meningkatkan profitabilitas dengan meningkatkan penjualan serta diharapkan perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas agar dapat bertumbuh dengan stabil dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap utang. Bagi investor diharapkan dapat memilih perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi dan pertumbuhan penjualan yang stabil, karena hal tersebut dapat mengurangi risiko kebangkrutan perusahaan yang akan berpengaruh pada nilai perusahaan dan harga saham. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dalam melakukan penelitian dengan tema yang serupa. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan menambah proksi mekanisme corporate governance dan kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Dewan Direksi, Kepemilikan Institusional.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 17:45
Last Modified: 09 Aug 2020 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37984

Actions (login required)

View Item View Item