PENGARUH TENAGA PENJUALAN, KETERSEDIAAN PRODUK, EMOSI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN


Zelly Wisdiani , 7311414045 (2018) PENGARUH TENAGA PENJUALAN, KETERSEDIAAN PRODUK, EMOSI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan perasaan yang terbentuk setelah pelanggan melakukan pembelian. Dalam mempengaruhi keputusan pembelian, perusahaan perlu mempertimbangkan kompetensi tenaga penjualan, kelengkapan ketersediaan produk, serta mengarahkan emosi pelanggan menjadi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tenaga penjualan, ketersediaan produk, dan emosi pelanggan terhadap kepuasan pelanggan serta membuktikan peran keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Modies Campus Purwokerto. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Incidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 115. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode dokumentasi. Metode analisis data menggunakan path analysis, dimana variabel penelitian meliputi tenaga penjualan, ketersediaan produk, emosi pelanggan, keputusan pembelian, dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan variabel tenaga penjualan, ketersediaan produk, dan emosi pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa tenaga penjualan, ketersediaan produk, dan emosi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu, keputusan pembelian memiliki peran sebagai variabel interevening antara tenaga penjualan, ketersediaan produk, dan emosi pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Saran bagi perusahaan adalah meningkatkan kompetensi tenaga penjualan, selalu rutin menganalisis kebutuhan konsumen dengan selalu menghitung rata-rata penjualan, serta untuk lebih memperhatikan kondisi lingkungan sekitar agar membuat pelanggan merasa nyaman. Bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas objek penelitian dan mempertimbangkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan seperti suasana toko dan harga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tenaga penjualan, ketersediaan produk, emosi pelanggan, keputusan pembelian, kepuasan pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 14:35
Last Modified: 09 Aug 2020 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37980

Actions (login required)

View Item View Item