REAKSI PASAR TERHADAP DIVIDEND ANNOUNCEMENT


Stivani , 7311414039 (2018) REAKSI PASAR TERHADAP DIVIDEND ANNOUNCEMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan investasi di setiap negara menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang perekonomian. Deviden adalah imbal hasil yang diperhitungkan investor dalam berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Abnormal Return (AR) dan Trading Volume Activity (TVA) yang signifikan di sekitar ex-devidend date serta perbedaan Average Abnormal Return (AAR) dan Average Trading Volume Activity (ATVA) sebelum dan sesudah ex-devidend date pada tahun 2017. Penelitian ini menggunakan event period, yaitu 5 hari sebelum (h-5) dan 5 hari sesudah (h+5) pengumuman dividen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 38 saham indeks LQ45 dan 43 China A50 selama tahun 2017. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan Shanghai Stock Exchange. Penentuan return estimasi menggunakan market adjusted model. Uji hipotesis menggunakan uji One Sample T-test dan uji beda Paired Sample T-test untuk data terdistribusi normal atau uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk data terdistribudi tidak normal. Hasil analisis uji One Sample T-test terdapat AR yang signifikan pada t-4, t-3 dan t+1 LQ45 dan TVA yang signifikan selama 10 hari disekitar ex-devidend date pada LQ45 maupun China A50. Sedangkan hasil uji beda Paired Sample T-test menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan AAR dan ATVA sebelum dan sesudah ex-devidend date baik pada LQ45 maupun China A50. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat AR dan TVA yang signifikan di sekitar ex-devidend date. Sementara itu, tidak terdapat perbedaan reaksi pasar sebelum maupun sesudah ex-devidend date. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan model estimasi pengukuran pasar efsien lain seperti market model atau mean adjusted model sehingga dapat diketahui perbedaan untuk dibandingkan hasilnya Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Abnormal Return (AR), Trading Volume Activity (TVA), Average Abnormal Return (AAR), Average Trading Volume Activity (ATVA), Ex-devidend date.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 13:41
Last Modified: 09 Aug 2020 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37976

Actions (login required)

View Item View Item