PENGARUH POLITICAL CONNECTION TERHDAP COST OF CAPITAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 – 2015)


Lely Anggun Prabasari , 7311414034 (2018) PENGARUH POLITICAL CONNECTION TERHDAP COST OF CAPITAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 – 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Political Connection terhadap Cost Of Capital. Perusahaan yang memiliki koneksi politik akan mendapat perlindungan dari pemerintah, memliki peluang bisnis yang besar untuk mendapatkan proyek-proyek dan akses pada kebijakan pemerintah Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2011 – 2015. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 perusahaan yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Cost of Capital didapat dari perhitungan Eps tahun yang diteliti di kurangi Eps tahun sebelumnya di bagi price (harga penutupan), political connection diproksikan sebagai variabel dummy dengan 3 variabel kontrol yaitu firm size dan profitabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan metode ANCOVA. Penelitian ini untuk mengetahui apakah political connection berpengaruh terhadap cost of capital perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2011 – 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa political connection berpengaruh negatif terhadap cost of capital, dengan adanya variabel kontrol firm size dan profitabilitas. Perusahaan cenderung menggunakan pendanaan modal sendiri dari pada hutang. Simpulan bahwa hal itu menunjukkan perusahaan yang terkoneksi politik tidak menjamin perusahaan untuk memperoleh pendanaan eksternal (hutang), sehingga saran bagi perusahaan perlu memperhatikan segala risiko yang akan terjadi ketika perusahaan memilih untuk memiliki koneksi politik dalam perusahaan. Hal inikarena keputusan mengenai koneksi politik dapat mempengaruhi biaya modal secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cost of Capital, Political Connection, Firm Size, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 01:06
Last Modified: 09 Aug 2020 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37970

Actions (login required)

View Item View Item