PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL (OCB) MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Mukhodah, 7311414024 (2018) PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL (OCB) MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen, karena keberhasilan manajemen dan yang lainnya tergantung pada kualitas sumber daya manusia. Salah satu cara yang konkret bagi manajer untuk meningkatkan kinerja organisasi adalah dengan mendorong karyawan untuk menunjukkan perilaku kewargaan organisasional (OCB). Perilaku kewargaan organisasional (OCB) dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan komitmen organisasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik pada perilaku kewargaan organisasional (OCB) melalui komitmen organisasional sebagai veriabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara Semarang sejumlah 85. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner penelitian, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh populasi adalah sampel penelitian, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 85 karyawan. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi, dan analisis jalur. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan komitmen organisasional pada perilaku kewargaan organisasional (OCB) karyawan memiliki pengaruh yang positif. Lebih lanjut, pengaruh tidak langsung atau mediasi dari komitmen organisasional menunjukkan hasil yang positif dan signifikan pada hubungan antara motivasi intrinsik pada perilaku kewargaan organisasional (OCB) karyawan dan hubungan antara motivasi ekstrinsik pada perilaku kewargaan organisasional (OCB) karyawan. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa tingkat motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang tinggi dan optimal akan mempengaruhi komitmen organisasional karyawan sehingga berpengaruh pula pada perilaku kewargaan organisasional (OCB) karyawan. Saran bagi perusahaan yaitu untuk menciptakan variasi tugas yang menarik, menyenangkan, berarti, dan membanggakan, serta meningkatkan jenis insentif yang diberikan kepada karyawan seperti hadiah uang, bonus, kenaikan upah/gaji, dan promosi pekerjaan sehingga akan meningkatkan keterikatan dan kesetiaan karyawan yang nantinya dapat mempengaruhi keaktifan dan keterlibatan karyawan di sebuah perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Komitmen Organisasional, Perilaku kewargaan organisasional (OCB)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 11:18
Last Modified: 08 Aug 2020 11:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37962

Actions (login required)

View Item View Item