MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR LINGKUNGAN DAN KREATIVITAS STRATEGI PADA UMKM JAMUR TIRAM KABUPATEN TEMANGGUNG


Sri Alimah , 7311414023 (2018) MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR LINGKUNGAN DAN KREATIVITAS STRATEGI PADA UMKM JAMUR TIRAM KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis di sektor industri kecil yang kini mulai meningkat merupakan peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis. Pengusaha dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengembangkan pilihan strategi di bidang manajemen pemasaran sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan. Pengusaha dituntut untu memahami kebutuhan pasar, mengethaui kebutuhan konsumen untuk dapat menentukan strategi pemasaran yang akan di lakukan untuk usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, lingkungan dan kreativitas strategi terhadap lingkungan pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelaku UMKM Jamur Tiram di Kabupaten Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam adalah probability sampling.Hasil penenlitian menunjukkan bahwa orinetasi pasar mempengaruhi kinerja pemasaran, kreativitas strategi mempengaruhi lingkungan pemasaran, lingkungan pemasaran memepengaruhi orientasi pasar, lingkungan pemasaran mempengaruhi kinerja pemasaran, orinetasi pasar mempengaruhi kreativitas strategi, kreativitas strategi mempengaruhi kinerja pemasaran. Simpulan yang diperoleh adalah semakin tinggi dan baik perusahaan menerapkan orientasi pasar, lingkungan pemasaran dan kreativitas strategi maka akan meningkatkan kinerja pemasaran. Faktor yang berpengaruh besar adalah orientasi pasar dan lingkungan pemasaran. Perusahaan yang melakukan riset pasar dan mengetahui lingkungan pasar untuk mengetahui keinginan konsumen dan dapat menciptakan kreativitas strategi sesuai dengan permintaan pelanggan sehingga memiliki orientasi pasar yang baik dan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Hal ini berarti orientasi pasar, lingkungan pemasaran dan kreativitas strategi yang diterapkan pelaku UMKM Jamur Tiram di Kabupaten Temanggung sudah baik. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji variabel lain yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Lingkungan Pemasaran, Kreativitas Strategi, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 11:03
Last Modified: 08 Aug 2020 11:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37961

Actions (login required)

View Item View Item