PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, INOVASI DAN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA HOTEL BERBINTANG DI KOTA SEMARANG


Novi Nurhasanah, 7311414016 (2018) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, INOVASI DAN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA HOTEL BERBINTANG DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (626kB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata sedang mengalami perkembangan. Hal tersebut berpengaruh pada usaha akomodasi berupa hotel sebagai salah satu unsur penunjang pariwisata, kegiatan bisnis dan tempat tinggal sementara kian bertambah. Perusahaan dituntut memiliki kemampuan mengembangkan pilihan strategi sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis dan banyak pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar, orientasi pembelajaran, inovasi dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran hotel berbintang di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 hotel berbintang di Kota Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi pembelajaran, inovasi, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran dapat diterima secara fit atau baik dengan hasil perhitungan memenuhi goodness of fit index. Orientasi pembelajaran, inovasi dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, namun untuk orientasi pasar tidak berpengaruh pada kinerja pemasaran. Kemudian hasil uji analisis jalur menunjukkan inovasi dan keunggulan bersaing dapat menjadi variabel intervening antara pengaruh orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran. Simpulan yang diperoleh adalah semakin tinggi perusahaan menerapkan orientasi pembelajaran, inovasi dan keunggulan bersaing akan meningkatkan kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi dan keunggulan bersaing. Saran untuk perusahaan agar meningkatkan pemahaman orientasi pasar pada seluruh karyawan sehingga kinerja pemasarannya semakin meningkat. Peneliti selanjutkan untuk mengkaji variabel lain yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Inovasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 09:25
Last Modified: 08 Aug 2020 09:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37956

Actions (login required)

View Item View Item