PENGARUH PERCEIVED VALUE, CITRA DESTINASI, DAN MOTIVASI PENGUNJUNG TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA RAINBOW RAFTING PEMALANG


Dimas Eko Widodo , 7311414015 (2018) PENGARUH PERCEIVED VALUE, CITRA DESTINASI, DAN MOTIVASI PENGUNJUNG TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA RAINBOW RAFTING PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat berkunjung ulang wisatawan terhadap suatu destinasi wisata merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan jasa pariwisata. Minat berkunjung ulang ini dapat meningkat apabila pengunjung telah merasakan kepuasan dari perceived value yang diterima dan dari citra destinasi positif yang ditampilkan sehingga pengunjung termotivasi untuk melakukan kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara perceived value, citra destinasi, dan motivasi pengunjung terhadap revisit intention melalui kepuasan pengunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung wisata Rainbow Rafting pada bulan April 2018. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden. Variabel penelitian meliputi perceived value, citra destinasi, motivasi pengunjung, kepuasan, dan revisit intention. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta analisis data menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable perceived value, citra destinasi, dan motivasi pengunjung berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap revisit intention. Sedangkan untuk path analysis diperoleh hasil bahwa perceived value, citra destinasi, motivasi pengunjung memiliki pengaruh tidak langsung terhadap revisit intention melalui kepuasan pengunjung. Simpulan dari penelitian ini yaitu perceived value, citra destinasi dan motivasi pengunjung memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap revisit intention. Kemudian hasil uji analisis jalur menunjukkan kepuasan mampu menjadi variabel intervening antara pengaruh perceived value, citra destinasi dan motivasi pengunjung terhadap revisit intention. Saran bagi manajemen rainbow rafting adalah untuk selalu melakukan perbaikan fasilitas dan kajian ulang dalam menetapkan harga tiket. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan memilih pengunjung yang sudah pernah berkunjung sebagai sampel penelitian serta menambahkan variabel dan indikator lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perceived Value, Citra Destinasi, Motivasi Pengunjung, Kepuasan Pengunjung, Revisit Intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 09:14
Last Modified: 08 Aug 2020 09:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37955

Actions (login required)

View Item View Item