ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA AIR BOJONGSARI (OWABONG) WATERPARK PURBALINGGA


Fidyah Isnaeni, 7311414011 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA AIR BOJONGSARI (OWABONG) WATERPARK PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pengunjung merupakan faktor penentu dalam keberhasilan pariwisata. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pengunjung, seperti kualitas layanan, citra destinasi dan perceived value. Namun ada beberapa penelitian yang menyatakan sebaliknya. Fenomena yang terjadi menunjukan adanya fluktuasi jumlah pengunjung OWABONG Waterpak Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara langsung kualitas layanan, citra destinasi dan perceived value terhadap kepuasan pengunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung objek wisata OWABONG Waterpark Purbalingga. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah insidental sampling, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi penelitian. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS seri 23 dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kualitas layanan, citra destinasi perceived value, dan kepuasan pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas layanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Citra destinasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Perceived value menunjukan hasil yang sama, terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Simpulan dari penelitian ini yaitu kualitas layanan, citra destinasi dan perceied value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Semakin baik kualitas layanan yang diberikan akan meningkatkan kepuasan pengunjung. Semakin baik citra destinasi yang dapat dibentuk dan semakin baik nilai yang diterima pengunjung dapat meningkatkan kepuasan pengunjung. Saran bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan model penelitian dengan menambahkan variabel-variabel lain seperti motivasi, promosi, dan keputusan berkunjung agar dapat lebih menambah wawasan penelitian dalam bidang manajemen pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Kualitas Layanan, Citra Destinasi, Perceived Value
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 08:57
Last Modified: 08 Aug 2020 08:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37953

Actions (login required)

View Item View Item