PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PADA KINERJA PROAKTIF DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Utama Semarang)


Frieda Noor Hamida , 7311414008 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PADA KINERJA PROAKTIF DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Utama Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku karyawan pasif dan reaktif perlahan-lahan berpindah untuk mengakui sifat aktif dan proaktif dari perilaku karyawan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja proaktif, pengaruh kecerdasan emosional pada perceived organizational support, perceived organizational support pada kinerja proaktif, dan memahami pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja proaktif melalui perceived organizational support sebagai mediasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner penelitian dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh jadi jumlah sampel sama dengan populasi sebanyak 61 orang karyawan PT TASPEN (PERSERO) KCU Semarang Bagian Keuangan, Layanan & Manfaat, dan Umum & SDM. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi, dan analisis jalur (Path Analysis). Analisis menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dapat meningkatkan kinerja proaktif (3,618 dan 0,001 < 0,05), kecerdasan emosional dapat meningkatkan perceived organizational support (3,858 dan 0,000 < 0,05), dan perceived organizational support dapat meningkatkan kinerja proaktif (8,198 dan 0,000 < 0,05), serta kecerdasan emosional dapat meningkatkan kinerja proaktif dengan dimediasi perceived organizational support sehingga berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa H1,H2,H3,H4 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan perceived organizational support dapat meningkatkan kinerja proaktif, hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional dan perceived organizational support dalam bekerja maka dapat meningkatkan kinerja proaktifnya. Kecerdasan emosional dapat meningkatkan perceived organizational support, hal ini berarti semakin tinggi perceived organizational support yang diberikan maka dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya PT TASPEN (PERSERO) KCU Semarang meningkatkan tingkat kecerdasan emosional dan perceived organizational support agar mampu meningkan kinerja proaktif yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Perceived Organizational Support, Kinerja Proaktif.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 08:11
Last Modified: 08 Aug 2020 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37950

Actions (login required)

View Item View Item