PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016)


Liana Dwi Aryani , 7311414003 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan merupakan hal yang penting bagi perusahaan manufaktur karena dengan meningkatnya nilai perusahaan akan meningkatkan kemakmuran pemegang saham, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Jumlah populasi dalam penelitian yaitu 144 perusahaan dengan jumlah sampel sebanyak 21 perusahaan yang telah diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen tidak memoderasi pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada saat ukuran perusahaan dan profitabilitas meningkat, maka akan meningkatkan nilai perusahaan. Saran yang dapat diberikan kepada investor, sebaiknya memperhatikan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kebijakan dividen ketika akan menanamkan modalnya di perusahaan agar investor tidak mengalami kerugian saat nilai perusahaan turun. Saran untuk manajamen perusahaan bahwa mereka harus mempertimbangkan ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen, faktor internal dan eksternal lainnya yang dapat memaksimalkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 07:21
Last Modified: 08 Aug 2020 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37948

Actions (login required)

View Item View Item