PENGARUH PERSON-ENVIRONMENT FIT PADA PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN SECARA ONLINE MELALUI KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Karyawan Bank Syariah Kota Semarang)


Agus Budiawan , 7311413236 (2020) PENGARUH PERSON-ENVIRONMENT FIT PADA PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN SECARA ONLINE MELALUI KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Karyawan Bank Syariah Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413236.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbagi pengetahuan merupakan proses organisasi yang berperan penting dalam menghasilkan peluang bisnis dari penciptaan ide-ide baru sebagai peningkatan kinerja seseorang di dalam sebuah lingkungan kerja. Dengan adanya kesesuaian antara nilai-nilai lingkungan organisasi dengan nilai-nilai karyawan, maka SDM yang memiliki karakteristik personal akan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan kerja. Kesesuaian orang dengan lingkungan kerja merupakan kekuatan yang dapat menilai karyawan dalam mencapai kepuasan dan menciptakan ikatan emosional karyawan dengan organisasinya. Ikatan secara emosional inilah yang menjadi kunci dalam berbagi pengetahuan yang dapat membangun organisasi lebih baik lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Person-Environment Fit pada perilaku berbagi pengetahuan secara online melalui peran mediasi komitmen afektif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bank syariah di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunkan teknik data proportionate random sampling dan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel sebanyak 132 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Metode Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur. Analisis data menggunakan software SPSS for Windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Person-Environment Fit dapat meningkatkan perilaku berbagi pengetahuan secara online dan komitmen afektif. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen afektif dapat meningkatkan perilaku berbagi pengetahuan secara online. Selanjutnya penelitian ini menemukan bahwa Person-Environment Fit dapat meningkatkan perilaku berbagi pengetahuan secara online melalui komitmen afektif. Simpulan dari penelitian ini yaitu Person-Environment Fit yang dimiliki oleh karyawan cenderung meningkatkan perilaku berbagi pengetahuan secara online jika karyawan bank syariah di Kota Semarang memiliki komitmen afektif terhadap bank tempat bekerja. Karyawan yang memiliki kesesuaian atas nilai-nilai pribadi dengan lingkungan organisasinya akan meningkatkan ikatan emosional dengan organisasi dan perilaku berrbagi pengetahuan secara online. Saran bagi seluruh bank syariah di Kota Semarang yaitu untuk meningkatkan perilaku berbagi pengetahuan secara online karyawan maka manajemen bank syariah harus meningkatkan Person-Environment Fit dan juga komitmen afektif karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Afektif, Perilaku Berbagi Pengetahuan, PersonEnvironment Fit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 07:02
Last Modified: 08 Aug 2020 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37945

Actions (login required)

View Item View Item