PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PADA PELAKU UMKM BATIK DI KABUPATEN GROBOGAN


Saddam Muhammad Nurul Firdaus, 7311413227 (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PADA PELAKU UMKM BATIK DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413227.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis di Indonesia antara perusahaan dan negara telah berlangsung, begitu juga persaingan produk yang sejenis menjadi semakin sulit. Pelaku usaha dituntut memiliki kemampuan mengembangkan pilihan strategi di bidang manajemen pemasaran sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan dinamis, memahami kondisi yang terjadi di pasar dan mengetahui kebutuhan konsumen untuk dapat menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, knowledge management, orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM batik di Kabupaten Grobogan sebanyak 351 pelaku usaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 108 pelaku usaha. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji statistik t dan analisis jalur menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran atau H1 diterima. Inovasi memediasi hubungan orientasi kewirausahaani terhadap kinerja pemasaran atau H2 diterima Knowledge management berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran atau H3 diterima. Inovasi memediasi hubungan knowledge management terhadap kinerja pemasaran atau H4 diterima. Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran atau H5 diterima. Inovasi memediasi hubungan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran atau H6 diterima. Inovasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasran atau H7 diterima. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa orientasi kewirausahaan ,knowledge management dan orientasi pasar memiliki pengaruh signifikan secara langsung dan tidak langsung melalui mediasi inovasi terhadap kinerja pemasaran. Saran dari penelitian ini untuk pengusaha UMKM batik di Kabupaten Grobogan, pelaku usaha melakukan riset pasar untuk mengetahui keinginan pelanggan dengan menciptakan ide kreatif untuk berinovasi sesuai dengan permintaan pelanggan sehingga meningkatkan kinerja pemasarannya. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel lain yang berkaitan dengan meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Knowledge Management, Orientasi Pasar, Inovasi, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2020 06:55
Last Modified: 08 Aug 2020 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37944

Actions (login required)

View Item View Item