PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI PADA SEMANGAT KERJA KARYAWAN BAGIAN SEWING PT. PANTJA TUNGGAL KNITTING MILL SEMARANG


Ade Rinaldi , 7311413186 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI PADA SEMANGAT KERJA KARYAWAN BAGIAN SEWING PT. PANTJA TUNGGAL KNITTING MILL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413186.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Semangat kerja merupakan perilaku individu yang menimbulkan suasana senang untuk beraktivitas dalam melakukan pekerjaanya dengan baik untuk mencapai prestasi, hasil kerja dan tujuan perusahaan secara maksimal. Semangat kerja merupakan salah satu hal penting yang mempengaruhi tercapainya tujuan PT. Pantja Tunggal Knitting Mill Semarang. Semangat kerja karyawan PT. Pantja Tunggal Knitting Mill Semarang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja dan kompensasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja dan kompensasi pada semangat kerja secara langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian sewing PT. Pantja Tunggal Knitting Mill Semarang yang berjumlah 620 karyawan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 86 responden. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis data meliputi uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS for Windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif dan signifikan pada semangat kerja itu artinya semakin baik kepemimpinan transformasional yang ditunjukkan oleh pimpinan dalam perusahaan maka dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan pada semangat kerja itu artinya semakin baik lingkungan kerja yang di terapkan dalam perusahaan maka dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan pada semangat kerja itu artinya semakin tinggi kompensasi yang di berikan oleh perusahaan maka dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Simpulan dalam penelitian ini adalah semakin baik kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja, dan kompensasi maka dapat meningkatkan semangat kerja dari karyawan bagian sewing PT. Pantja Tunggal Knitting Mill Semarang. Disarankan kepada pihak manajemen untuk memberikan motivasi yang lebih bagi karyawan, mengadakan kegiatan kegiatan bersama karyawan, dan memberikan gaji yang sesuai dengan tanggung jawab karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja, Kompensasi, Semangat Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 23:46
Last Modified: 07 Aug 2020 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37939

Actions (login required)

View Item View Item