PENGARUH KEBERMAKNAAN PSIKOLOGIS PADA KOMITMEN NEGATIF DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Generasi Millennial di PT Mandiri Tunas Finance Pecenongan Jakarta)


Joshua Efraim Simanjuntak, 7311413167 (2020) PENGARUH KEBERMAKNAAN PSIKOLOGIS PADA KOMITMEN NEGATIF DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Generasi Millennial di PT Mandiri Tunas Finance Pecenongan Jakarta). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413167.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi dan persaingan saat ini sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam organisasi. Saat ini sumber daya manusia mulai didominasi oleh generasi millennial atau bisa disebut juga dengan gen Y. Karyawan generasi ini dikenal lebih dinamis sehingga lebih suka berpindah-pindah tempat kerja dan memiliki komitmen negatif yang cukup tinggi. Komitmen negatif dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah keterikatan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh kebermaknaan psikologis pada komitmen negatif dapat dimediasi dari keterikatan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan generasi millennial PT Mandiri Tunas Finance Pecenongan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penarikan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel ditetapkan sebanyak 91 responden. Tingkat pengembalian kuesioner sebanyak 100%. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS for Windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebermaknaan psikologis berpengaruh signifikan pada keterikatan kerja. kebermaknaan psikologis tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen negatif. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterikatan kerja berpengaruh signifikan pada komitmen negatif dengan arah yang positif. Selanjutnya, penelitian ini membuktikan bawah pengaruh kebermaknaan psikologis pada komitmen negatif dapat dimediasi oleh keterikatan kerja. Simpulan dari penelitian ini yaitu kebermaknaan psikologis yang dimiliki karyawan dapat mempengaruhi komitmen negatif jika karyawan generasi millennial PT Mandiri Tunas Finance Pecenongan memiliki keterikatan kerja. Karyawan generasi millennial yang memiliki keterikatan kerja dengan pekerjaan yang dilakukannya juga dapat meningkatkan komitmen negatif, karena rasa keterikatannya pada pekerjaan dan bukan pada organisasi atau perusahaan. Saran bagi PT Mandiri Tunas Finance Pecenongan sebaiknya mendukung karyawan yang telah memiliki kebermaknaan psikologis dan keterikatan kerja yang relatif tinggi dengan meningkatkan komitmen terhadap perusahaan untuk mengurangi komitmen negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebermaknaan Psikologis, Keterikatan Kerja, Komitmen Negatif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 20:41
Last Modified: 07 Aug 2020 20:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37935

Actions (login required)

View Item View Item