PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN TERHADAP INVESTMENT OPPORTUNITY SET DALAM SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)


Rasio Ridho Sani, 7311413159 (2020) PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN TERHADAP INVESTMENT OPPORTUNITY SET DALAM SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413159.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Investment opportunity set (IOS) merupakan keputusan investasi dalam bentuk kombinasi aktiva yang dimiliki (assets in place) dan opsi investasi di masa yang akan datang. IOS dapat dipengaruhi rasio-rasio keuangan di dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk megetahui pengaruh rasio keuangan terhadap investment opportunity set (IOS) dalam tahap siklus hidup perusahaan pada perusahaan property dan real estate. Variabel rasio likuiditas diproksikan current ratio, rasio solvabilitas diproksikan debt to equity ratio, rasio aktivitas diprosikan total asset turnover, dan rasio profitabilitas diproksikan gross profit margin. Variabel IOS diproksikan market value of equity. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2015. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 48 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan software EViews.8. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t. Hasil penelitian ini berdasarkan uji f simultan menunjukkan bahwa pada tahap start-up dan ekspansi akhir rasio-rasio keuangan tidak berpengaruh terhadap IOS. Pada tahap ekspansi awal, mature, dan decline rasio-rasio keuangan berpengaruh terhadap IOS. Uji statistik t menunjukan rasio profitabilitas pada tahap mature berpengaruh positif dan signifikan terhadap IOS. Rasio solvabilitas pada tahap ekspansi awal dan decline berpengaruh signifikan terhadap IOS, akan tetapi berlawanan dengan hipotesis yang dibuat oleh penulis. Saran peneliti bagi Investor, bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih perusahaan yang memiliki kesempatan tumbuh yang lebih baik. Bagi emiten, dapat digunakan sebagai tolak ukur manajer dalam mengambil keputusan kelangsungan hidup perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan sebagai referensi penelitian kaitannya dengan rasio keuangan dan investment opportunity set (IOS).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, Investment Opportunity Set, Siklus Hidup Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 19:26
Last Modified: 07 Aug 2020 19:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37932

Actions (login required)

View Item View Item