PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT ASDP INDONESIA FERRY CABANG JEPARA


Anton Sujarwo, 7311413149 (2020) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT ASDP INDONESIA FERRY CABANG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413149.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan tren pariwisata pada dekade ini cenderung meningkat, begitu pula yang terjadi pada sektor pariwisata Taman Nasional Laut Karimunjawa. Hasil observasi awal diketahui bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa semakin meningkat setiap tahunnya. Namun disisi lain, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Jepara sebagai salah satu penyedia jasa transportasi laut jalur Jepara-Karimunjawa, justru mengalami penurunan pendapatan, dan terjadi fluktuasi setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, nilai pelanggan, dan keputusan pembelian terhadap kepuasan pengguna. Populasi penelitian ini adalah penumpang kapal dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Jepara dengan jalur Jepara-Karimunjawa. Penghitungan jumlah sampel dengan iterasi didapat sebanyak 101 sampel, pengambilan sampel dengan teknik pendekatan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan data diolah menggunakan SPSS versi 21.0 dengan alat analisis data path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama yaitu kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna diterima. Hipotesis kedua yaitu nilai pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan ditolak. Hipotesis selanjutnya yang menyatakan keputusan pembelian memediasi pengaruh kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pengguna diterima. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna secara langsung maupun tidak langsung dengan keputusan pembelian sebagai intervening. Nilai pelanggan hanya berpengaruh terhadap kepuasan pengguna melalui keputusan pembelian, sedangkan secara langsung tidak terbukti berpengaruh. Saran dari penelitian ini untuk konsumen adalah mengetahui kebutuhan mereka akan transportasi kapal dan berapa lama mereka berkunjung di Karimunjawa untuk menyesuaian dengan jadwal kapal dan sebisa mungkin menghindari cuaca buruk. Saran untuk penelitian selanjutnya menggunakan variabel lain yang berkaitan dengan keputusan pembelian atau kepuasan pengguna, misalnya reputasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pengguna.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 19:20
Last Modified: 07 Aug 2020 19:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37931

Actions (login required)

View Item View Item