PENGARUH BRAND IMAGE DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SAMPO CLEAR DI KOTA BLITAR
TINA TEJASARI, 7311413137 (2020) PENGARUH BRAND IMAGE DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SAMPO CLEAR DI KOTA BLITAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan dan perubahan ekonomi serta kegiatan bisnis yang semakin pesat menutut perusahan sampo untuk terus berusaha memuaskan konsumen agar konsumen menjadi loyal terhadap produk. Perusahaan harus mampu meningkatkan kepercayaan konsumen akan merek melalui brand image. Selain itu, perusahaan harus memahami perkembangan pasar dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen melalui inovasi. Namun, untuk mencapainya perusahaan seringkali mengalami kendala berkaitan dengan persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh brand image dan inovasi produk terhadap loyalitas konsumen secara langsung dan tidak langsung melalui kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sampo Clear di Kota Blitar. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Incidental Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan analisis regresi dan analisis jalur (Path Analysisi) melalui alat analisis SPSS statistik 21. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa brand image, inovasi produk dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Kemudian untuk pengaruh mediasi dihasilkan bahwa pengaruh brand image dan inovasi produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen masing-masing memiliki nilai lebih besar dari pengaruh langsungnya. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen mampu memediasi hubungan brand image dan inovasi produk terhadap loyalitas konsumen. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa brand image, inovasi produk, dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, untuk pengaruh mediasi disimpulkan bahwa kepuasan konsumen mampu memediasi brand image dan inovasi produk terhadap loyalitas konsumen. Saran untuk Unilever untuk memberikan informasi mengenai formula sampo Clear perlu ditingkatkan, membuat slogan sampo Clear lebih menarik dan penjelasan zat baru di setiap inovasi varian baru sampo Clear perlu ditingkatkan dan dibuat lebih menarik serta controling mengenai ketersediaan stock sampo Clear di berbagai toko di Blitar perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen, Brand Image, Inovasi Produk |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 19:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 19:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37930 |
Actions (login required)
View Item |