PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN. (STUDI PADA PRODUK RILISAN FISIK MUSIK DI KOTA SEMARANG)


Ainun Najib, 7311413112 (2020) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN. (STUDI PADA PRODUK RILISAN FISIK MUSIK DI KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Di zaman modern seperti ini, masih banyak toko yang bertahan untuk melayani konsumen yang setia dengan membeli rilisan fisik musik, ditengah berbagai kendala yang dialami. Maka, pemahaman loyalitas pelanggan bagi keberlangsungan hidup sebuah usaha toko sangatlah penting. Loyalitas didapatkan dari kepuasan konsumen dengan merasakan suasana toko yang disuguhkan ketika berbelanja dan bentuk promosi yang efektif serta efisien saat konsumen menerimanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari store atmosphere, promosi, dan kepuasan sebagai variabel intervening terhadap loyalitas pelanggan. Populasi penelitian ini adalah konsumen rilisan fisik musik di Kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Penentuan jumlah sample dengan metode accidental sampling dan penentuan responden dengan metode purposive sampling sebanyak 120 responden. Analisis data menggunakan path analysis dengan program SPSS versi 21, dimana variabel yang digunakan meliputi store atmosphere (X1), promosi (X2), kepuasan (Y1), dan loyalitas (Y2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh poisitf dan signifikan terhadap loyalitas. promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa store atmosphere dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan. Sehingga dapat dikatakan bahwa kepuasan mampu menjadi variabel intervening dari pengaruh store atmosphere dan promosi terhadap loyalitas. Simpulan dari penelitian ini yaitu store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, yang dapat diartikan bahwa semakin tinggi nilai store atmosphere akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, yang dapat diartikan bahwa semakin tinggi nilai promosi akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, yang dapat diartikan bahwa semakin tinggi nilai kepuasan akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dari suatu perusahaan. Kepuasan juga mampu memediasi antara store atmosphere dan promosi dengan loyalitas pelanggan, artinya bahwa semakin tinggi nilai kepuasan berdasar store atmosphere dan promosi akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Saran untuk manajemen toko adalah memaksimalkan bentuk store atmosphere dan promosi dengan cara mendisplay toko, menambah sarana pendukung, dan meningkatkan periklanan melalui media sosial digital pada khususnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Promosi, Kepuasan, Loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 18:36
Last Modified: 07 Aug 2020 18:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37926

Actions (login required)

View Item View Item