PENGARUH PUBLIC SERVICE MOTIVATION DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT PADA KINERJA MELALUI PERSONORGANIZATION FIT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI KARYAWAN KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA SEMARANG II


Dini Auliasari, 7311413071 (2020) PENGARUH PUBLIC SERVICE MOTIVATION DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT PADA KINERJA MELALUI PERSONORGANIZATION FIT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI KARYAWAN KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA SEMARANG II. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran sumber daya manusia dalam sebuah organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menentukan efektif atau tidaknya sebuah organisasi. Organisasi dapat berjalan karena adanya suatu proses didalamnya, kinerja karyawan diartikan sebagai aspek paling penting untuk keberlangsungan organisasi secara jangka panjang. Peningkatan kinerja tidak hanya hasil dari sistim yang berfungsi dengan baik, tetapi juga tergantung pada strategi sumber daya manusia yang efektif yang berhasil dalam merekrut dan mempertahankan komitmen dan motivasi karyawan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja diantaranya Public Service Motivation dan Perceived Organizational Support yang dalam perkembangannya masih terdapat perbedaan pandangan dan hasil penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh mediasi Person-Organization Fit antara Public Service Motivation dan Perceived Organizational Support pada kinerja Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik data sampel jenuh. Jumlah sampel sebanyak 51 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Metode Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur. Analisis data menggunakan software SPSS for Windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Public Service Motivation dan Perceived Organizational Support memiliki pengaruh positif pada kinerja dan Person-Organization Fit. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa Person-Organization Fit berpengaruh positif pada kinerja. Selanjutnya penelitian ini menemukan pengaruh Public Service Motivation dan Perceived Organizational Support pada kinerja dapat dimediasi oleh Person-Organization Fit. Simpulan dari penelitian ini yaitu Public Service Motivation dan Perceived Organizational Support memiliki pengaruh terhadap Person-Organization Fit sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kinerja karyawan. Saran pada penelitian ini adalah instansi perlu memberi perhatian lebih pada semua aspek pendukung pekerjaan agar kinerja karyawan dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Perceived Organizational Support, Person-Organization Fit, Public Service Motivation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 18:29
Last Modified: 07 Aug 2020 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37925

Actions (login required)

View Item View Item