“PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI PADA SEMANGAT KERJA KARYAWAN PT INDUSTRI JAMU BOROBUDUR SEMARANG”


Lutfatul Nadzifah, 7311413067 (2020) “PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI PADA SEMANGAT KERJA KARYAWAN PT INDUSTRI JAMU BOROBUDUR SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Semangat kerja merupakan perilaku individu atau kelompok yang menimbulkan suasana senang dalam mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan bersungguh-sungguh untuk mencapai prestasi kerja yang maksimal. Semangat kerja karyawan sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi. Bila karyawan memiliki semangat yang tinggi maka akan menambah kesetiaan karyawan kepada organisasi untuk tetap mengabdikan dirinya kepada organisasi. Dengan kata lain karyawan tidak akan memiliki niat untuk berpindah kerja. Suksesnya sebuah organisasi ditentukan oleh kinerja karyawan organisasi tersebut. Kinerja karyawan sangat tergantung pada tingkat semangat kerja karyawan dalam melaksanakan tugas atau kegiatan organisasi. Karyawan dengan semangat kerja tinggi akan bertanggung jawab pada pekerjaannya, serta mampu mengatasi kesulitan mengenai tugasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Industri Jamu Borobudur Semarang sebanyak 158 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 113 responden. Pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan uji analisis regresi linier berganda dan uji signifikansi parsial dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan pada semangat kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan pada semangat kerja, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan pada semangat kerja. Dapat dibuktikan pada hasil uji regresi linier berganda yaitu seluruh hasil sig<0,05. Artinya seluruh hipotesis diterima. Penelitian ini menyimpulkan seluruh variabel independen yaitu motivasi, lingkungan kerja, dan budaya organisasi dapat meningkatkan variabel dependen yaitu semangat kerja. Saran bagi perusahaan adalah hendaknya memperhatikan kebutuhan-kebutuhan karyawannya, salah satunya yaitu kebutuhan penghargaan. Selain itu menciptakan lingkungan yang lebih baik dan melatih karyawan menciptakan ide-ide inovatif dengan memberikan pekerjaan yang berbeda dari biasanya dapat meningkatkan semangat kerja karyawan semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Semangat Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 18:23
Last Modified: 07 Aug 2020 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37924

Actions (login required)

View Item View Item