1CPENGARUH DESTINATION IMAGE, PUSH dan PULL TRAVEL MOTIVATION TERHADAP TOURIST LOYALTY MELALUI TOURIST SATISFACTION (Studi Pada Wisatawan Dieng Plateau Wonosobo) 1D


Feni Ermawati, 7311413055 (2020) 1CPENGARUH DESTINATION IMAGE, PUSH dan PULL TRAVEL MOTIVATION TERHADAP TOURIST LOYALTY MELALUI TOURIST SATISFACTION (Studi Pada Wisatawan Dieng Plateau Wonosobo) 1D. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk menciptakan Tourist Loyalty dan menjaga kelangsungan destinasi wisata dalam persaingan yang kompetitiv, berbagai upaya dilakukan pemerintah dan manajemen pariwisata untuk mencapai tujuan tersebut mulai dari perbaikan infrastuktur, penciptaan citra yang baik, serta menambah event maupun atraksi hiburan untuk mendorong Travel Motivation. Namun berbagai upaya yang dilakukan ini belum tentumenjamin terwujudnya Tourist Loyaltypada para pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Destination Image, Push Motivation, dan Pull Motivation terhadap Tourist Loyalty melalui Tourist Satisfaction di Dieng Plateu Kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti, sehingga dengan menggunakan metode iterasi diperoleh sampel sebanyak 115 responden melalui teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Metode analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS version 22.0. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh signfikan variabel Destination Image, Push Motivation, dan Pull Motivation terhadap Tourist Satisfaction secara parsial, selain itu juga diketahui bahwa variabel Destination Image, Push Motivation, dan Tourist Satisfaction berpengaruh terhadap Tourist Loyalty secara parsial, sedangkan Pull Motivation diketahui tidak berpengaruh terhadap Tourist Loyalty. Uji analisis jalur menunjukkan bahwa Destination Image, Push Motivation, dan Pull Motivation memiliki pengaruh terhadap Tourist Loyalty melalui Tourist Satisfaction. Simpulan penelitian ini adalah Tourist Satisfaction dapat berperan menjadi mediator variable Destination Image, Push Motivation dan Pull Motivation terhadap Tourist Loyalty. Saran dari penelitian ini adalah pihak manajemen perlu membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, promosi yang masif dan penciptaan image yang baik mengenai destinasi wisata, melakukan quality control, peningkatan inovasi disegala lini, dan menawarkan harga yang menarik untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel pada penelitian ini untuk menguji objek lain dengan karakteristik yang sama, maupun menambahkan variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, serta menggunakan pengujian hipotesis yang berbeda seperti SEM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Push Motivation, Pull Motivation, Tourist Satisfaction, Tourist Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 18:08
Last Modified: 07 Aug 2020 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37923

Actions (login required)

View Item View Item