ANALISIS PREDIKSI PEMERINGKATAN SUKUK DAN OBLIGASI DENGAN RASIO KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Non-Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015)


Akhlis Maulia Ningrum, 7311413048 (2020) ANALISIS PREDIKSI PEMERINGKATAN SUKUK DAN OBLIGASI DENGAN RASIO KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Non-Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Investor yang akan melakukan investasi terhadap Sukuk atau obligasi konvensional harus memperhatikan peringkat obligasi dan peringkat Sukuk. Untuk mengukur tingkat Risk and Return atas investasi dalam sebuah perusahaan digunakan peringkat Sukuk dan peringkat obligasi. Semakin baik peringkat yang dimiliki Sukuk dan obligasi perusahaan, maka semakin rendah tingkat risiko gagal bayar terhadap Sukuk dan obligasi tersebut. Sinyal-sinyal yang disampaikan oleh manajemen berupa laporan keuangan dapat digambarkan melalui rasio keuangan. Rasio keuangan tersebut dapat digunakan untuk memprediksi peringkat obligasi, sehingga investor dapat menghitung risiko yang terkandung dalam obligasi tersebut Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel rasio keuangan dan non keuangan terhadap prediksi peringkat obligasi dan Sukuk. Serta untuk mengkaji perbandingan tingkat signifikansi variabel rasio keuangan dan non-keuangan terhadap prediksi peringkat Sukuk dan obligasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang menerbitkan obligasi dan perusahaan yang menerbitkan Sukuk dan beredar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diperigkat oleh PT. Pefindo periode 2012-2015. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Melalui kriteria yang ditetapkan, terpilih sampel sebanyak 12 perusahaan non keuangan yang menerbitkan obligasi dan 4 perusahaan menerbitkan Sukuk. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data sekunder. Data-data yang diperlukan diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia dan PT. PEFINDO. Metode analisis yang digunakan adalah analisis ordinal logistik regresi dengan aplikasi Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel Aktivitas dengan proxy TATO yang berpengaruh positif signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi. Sedangkan untuk prediksi peringkat Sukuk, juga hanya variabel Aktivitas dengan proxy TATO yang mempunyai pengaruh positif signifikan. Simpulan dalam penelitian ini adalah hanya variabel Aktivitas yang berpengaruh signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi dan peringkat sukuk pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa (BEI). Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya untuk menambah periode penelitian dan menggunakan variabel/rasio lain dalam memprediksi peringkat Sukuk/obligasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, Rasio Non-keuangan, Peringkat Sukuk, dan Peringkat Obligasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 18:00
Last Modified: 07 Aug 2020 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37922

Actions (login required)

View Item View Item