PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KONSUMEN CV. MULTI USAHA RAYA JEPARA


UDIN LESTIYONO, 7311412151 (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KONSUMEN CV. MULTI USAHA RAYA JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311412151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan dan kualitas produk merupakan elemen penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh keualitas produk dan kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen CV. Multi Usaha Raya Jepara. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan di CV. Multi Usaha Raya Jepara. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik insidental sampling berjumlah 97 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (3) kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Besarnya pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan adalah 73,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Simpulan penelitian membuktian bahwa terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, semakin tinggi tingkat kualitas produk dan layanan maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Saran pada penelitian ini adalah memperbaiki bentuk fisik dari produk yang dihasilkan sesuai dengan perkembangan trand saat ini, meningkatkan layanan dengan memenuhi keinginan konsumen dalam desain-desain mebelnya dan lebih banyak menciptakan jenis-jenis produk perabot rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 17:36
Last Modified: 07 Aug 2020 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37919

Actions (login required)

View Item View Item