MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN BERDASAR KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KONSUMEN KORAN TRIBUN JATENG DI KOTA SEMARANG


Ganggas Firmata Dewa, 7311412138 (2020) MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN BERDASAR KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KONSUMEN KORAN TRIBUN JATENG DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311412138.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran kualitas produk dan kualitas layanan memberikan stimulus atau rangsang terhadap konsumen sehingga dapat menimbulkan kepuasan konsumen agar nantinya konsumen tersebut akan menjadi konsumen yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dan mengetahui pengaruh kualiats produk dan kualitas layanan terhadp loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli surat kabar Tribun Jateng di kotaSemarang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 100 sampel. Variabel bebas penelitian ini yaitu kualitas produk, kualitas layanan, dan variabel intervening kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi berganda dan analisis jalur Hasil penelitian menemukan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen; (2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen; (3) kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen; (4) Kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen; dan (5) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Simpulan penelitian membuktian bahwa kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen. Saran pada penelitian ini adalah hendaknya Tribun Jateng Semarang memperbarui tata letak dan konten berita pada produk Tribun Jateng dengan menempatan gambar dan tulisan agar mudah dibaca dan menarik untuk dilihat melalui pemilihan huruf (jenis dan ukuran), tata letak, adanya ilustrasi (grafik, foto, dan visualisasi lainnya). Selain itu juga perlu meningkatkan memperhatikan kualitas pelayanan dengan memberikan keramahan dan solusi permasalahan bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggandan Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 17:27
Last Modified: 07 Aug 2020 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37918

Actions (login required)

View Item View Item