PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE PADA TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Bina Busana Internusa Semarang)


Rulyanto Malanthon Manurung, 7311412137 (2020) PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE PADA TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Bina Busana Internusa Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311412137.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan dalam dunia bisnis di era Globalisasi sekarang ini semakin ketat.Persoalan-persoalan sumber daya manusia yang seringkali muncul dan menghambat kinerja perusahaan diantaranya ialah turnover.Saat ini tingginya tingkat turnover intention telah menjadi masalah serius banyak perusahaan, bahkan beberapa perusahaan mengalami frustasi ketika mengetahui proses rekrutmen yang berhasil menjaring staf yang berkualitas pada akhirnya ternyata menjadi sia-sia, karena staf yang direkrut tersebut telah memiliki pekerjaan di perusahaan lain. Penelitian ini ditujukan untuk menguji leader-member exchange terhadap turnover intention, serta menguji variabel kepuasan kerja sebagai variabel mediasi dalam model tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan produksi PT. Bina Busana Internusa Semarang.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Penarikan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Sampel ditetapkan sebanyak 84 responden dengan menggunakan rumus Slovin.Tingkat pengembalian kuesioner sebanyak 100%.Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis nilai selisih mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan leader-member exchange terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh negatif signifikan kepuasan kerja terhadap turnover intention, dan terdapat pengaruh negatif signifikan leader-member exchange terhadap turnover intention. Sehingga, H1, H2, dan H3 didukung. Kepuasan kerja memediasi hubungan leadermember exchange terhadap turnover intention, sehingga H4 didukung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah leader-member exchange berpengaruh positif signifikan pada kepuasan kerja, leader-member exchange berpengaruh negatif siginifikan pada turnover intention, Kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan pada turnover intention. Kepuasan kerja mampu memediasi leader-meber exchange terhadap turnoveer intention.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Leader-member Exchange, Kepuasan Kerja, Turnover Intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 17:19
Last Modified: 07 Aug 2020 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37917

Actions (login required)

View Item View Item