PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK PADA PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Pada Karyawan PT. Bina Busana Internusa Semarang)


Saut Raja Baringbing, 7311411095 (2020) PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK PADA PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Pada Karyawan PT. Bina Busana Internusa Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311411095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (816kB) | Preview

Abstract

Produktivitas kerja sebagai tujuan perusahaan membutuhkan strategi dan kebijaksanaan dalam usaha pencapaiannya. Memiliki karyawan yang mempunyai kemauan atau motivasi dalam diri karyawan (motivasi intrinsik) untuk bekerja merupakan faktor penting dalam mencapai produktivitas. Selain itu perusahaan juga harus berupaya memberikan motivasi karyawan dari luar (motivasi ekstrinsik). Menerapkan motivasi yang efektif pada sekelompok orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda bukanlah sebuah perkara yang mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap produktivitas kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Bina Busana Internusa Semarang di bidang sewing dengan teknik pengambilan data non-probability sampling dan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang diketahui sebesar 91 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis linear berganda dengan program IMB SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap produktivitas karyawan. Variabel motivasi intrinsik menunjukkan nilai t-hitung sebesar 5.813 dengan signifikansi 0.000 < sig α 0.05 maka H1 diterima; nilai t-hitung variabel motivasi ekstrinsik sebesar 5.134 dengan signifikansi 0.000 < 0.05 maka H2 di terima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik berperan penting dalam produktivitas kerja karyawan. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Saran bagi perusahaan antara lain; perusahaan memberikan motivasi dengan pemenuhan kebutuhan dan pemeliharaan yang baik; pimpinan harus dapat memberikan solusi bagi karyawan; perusahaan harus meyediakan fasilitas untuk mendorong pekerjaan karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Produktivitas Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 16:56
Last Modified: 07 Aug 2020 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37915

Actions (login required)

View Item View Item