PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Siti Masitoh, 7311411018 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311411018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan kerja merupakan perasaan positif tentang pekerjaan yang dilakukan dan hasil yang diperoleh dari pekerjaan tersebut, dimana tingkat kepuasan setiap orang berbeda- beda karena hal tersebut merupakakn presepsi masing- masing individu. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan secara langsung dan secara tidak langsung yang dimediasi oleh kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang yang berjumlah 119 karyawan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah 92 karyawan yang diperoleh dengan mengunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, analisis regresi berganda secara parsial dan analisis jalur menggunakan SPSS for Windows versi 16. Berdasarkakn hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan (0.022<0.05), ada pengaruh langsung kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan (0.000<0.05), ada pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja (0.000<0.05), ada pengaruh langsung kecerdasan spiritual terhadap kepuasan kerja (0.001<0.05), ada pengaruh langsung kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja (0.000<0.05). Kinerja karyawan memediasi hubungan kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja (0.405>0.326), kinerja karyawan memediasi hubungan kecerdasan spiritual terhadap kepuasan kerja (0.504>0.333) sehingga H1,H2, H3, H4, H5, H6 dan H7diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kinerja karyawan mampu memediasi hubungan kecerdasan emosioanl dan kecerdasan spriritual terhadap kepuasan kerja. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya perusahaan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual mengingat pentingnya kedua variabel tersebut dalam mempengaruhi tingkat kinerja serta kepuasan kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 16:31
Last Modified: 07 Aug 2020 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37914

Actions (login required)

View Item View Item