ANALISIS DETERMINAN KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)


Ageta Wisnu Wira Wardanu, 7211414221 (2020) ANALISIS DETERMINAN KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414221.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keputusan investasi bertujuan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan di masa depan. Keputusan investasi yang tidak konsisten akan mempengaruhi keberlangsungan perusahaan dan ekonomi suatu negara. Saat ini sumber investasi terbesar di Indonesia berasal dari asing, sehingga ekonomi Indonesia akan sangat mudah dipengaruhi oleh perubahan ekonomi asing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan dividen, leverage, dan corporate social responsibility (CSR) terhadap keputusan investasi melalui profitabilitas sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian berjumlah 12 perusahaan dengan 30 unit analisis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur dengan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dividen memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan investasi. CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan investasi maupun profitabilitas. Leverage dan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Kebijakan dividen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Leverage memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Kemudian, profitabilitas terbukti hanya dapat memediasi pengaruh antara kebijakan dividen terhadap keputusan investasi. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan diharapkan meningkatkan profitabilitasnya karena dengan laba yang besar dapat meningkatkan keputusan investasi perusahaan. Sementara itu, perusahaan harus lebih berhati-hati dalam menentukan kebijakan dividen karena dengan kebijakan dividen yang tinggi akan mengurangi dana yang seharusnya dapat digunakan untuk meningkatkan keputusan investasi. Kemudian perusahaan harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menentukan tingkat leverage, walaupun dengan leverage yang tinggi dapat meningkatkan keputusan investasi tetapi leverage yang tinggi dapat mengurangi profitabilitas perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang memperngaruhi keputusan investasi dengan menambah atau mengganti objek penelitian, periode penelitian, variabel peneltitian, dan pengukuran variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, Kebijakan dividen, Keputusan Investasi, Leverage, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 16:20
Last Modified: 07 Aug 2020 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37913

Actions (login required)

View Item View Item