FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REVALUASI ASET TETAP (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016)


Laeli Dhikriyah, 7211414217 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REVALUASI ASET TETAP (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414217.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan operasinya selalu bergantung pada aktiva tetapnya. Aset tetap merupakan salah satu komponen penting dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Penggunaan aset tetap secara efisien akan menentukan kinerja suatu perusahaan. Aset yang dapat direvaluasi adalah aset tetap berwujud serta dimiliki dan digunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan yang merupakan objek pajak, seperti aset tetap propeerti yang mana revaluasi aset harus dilakukan berdasarkan nilai pasar atau nilai wajar aset tetap tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 - 2016. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling berjumlah 111 perusahaan yang mana terdiri dari 10 perusahaan sekor utama, 38 perusahaan manufaktur, dan 63 perusahaan sektor jasa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda pada software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang berarti bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Leverage, ukuran perusahaan, proporsi aset tetap, pertumbuhan penjualan, dan kepemilikan asing berpengaruh positif signifikan terhadap tindakan revaluasi asset tetap. Likuiditas, berpengaruh negatif signifikan terhadap tindakan revaluasi asset tetap. Simpulan penelitian ini adalah jumlah perusahaan yang melakukan reevaluasi asset tetap terus mengalami peningkatan. Penelitian selanjutnya, menambahkan variabel lain yang diperkirakan turut mempengaruhi kegiatan revaluasi aset yang dilakukan oleh perusahaan. Variabel lain yang dapat diteliti untuk peneletian selanjutnya misalnya isu bonus, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Revaluasi; Leverage; Ukuran Perusahaan; Likuiditas; Proporsi Aset Tetap; Pertumbuhan Penjualan; Kepemilikan Asing.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 16:08
Last Modified: 07 Aug 2020 16:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37911

Actions (login required)

View Item View Item