DETERMINAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA


Muhammad Nashiruddin, 7211414208 (2020) DETERMINAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414208.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Transfer pricing digunakan untuk menetapkan harga atas barang maupun jasa yang diperdagangkan dari anak perusahaan kepada anak perusahaan lain atau kepada induk perusahaan. Harga yang ditetapkan tersebut tidak sesuai dengan harga pasar yang sewajarnya. Perusahaan berskala multinasional menerapkan kebijakan transfer pricing untuk mengurangi pajak yang dibayarkan dengan rekayasa harga barang yang diperdagangkan kepada pihak berelasi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam melakukan transfer pricing. Variabel dependen yang diteliti dalam penelitian ini adalah transfer pricing. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari ukuran perusahaan, leverage, mekanisme bonus, pajak, dan laba bersih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menguji pengaruh antar variabel yang dihipotesiskan melalui penyajian data numerik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari annual report dan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2012 hingga tahun 2016. Penentuan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi logistik (logistic regression) dengan bantuan program IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa leverage berpengaruh positif signikan terhadap transfer pricing, pajak berpengaruh positif signifikan terhadap transfer pricing, dan laba bersih berpengaruh positif signifikan terhadap transfer pricing. Di sisi lain, ukuran perusahaan dan mekanisme bonus tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Koefisien determinasi terhadap transfer pricing diperoleh sebesar 41,6%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel independen lain diluar penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini yaitu leverage, pajak, dan laba bersih menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap transfer pricing. Di sisi lain, ukuran perusahaan dan mekanisme bonus tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap transfer pricing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing. Ukuran Perusahaan, Leverage, Mekanisme Bonus, Pajak, Laba Bersih.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 15:45
Last Modified: 07 Aug 2020 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37908

Actions (login required)

View Item View Item