PENGARUH ARUS KAS DI MODERASI CSR DAN DI MEDIASI BIAYA AGENSI TERHADAP INVESTASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2016)


Sri Rahmah Putri Bestari, 7211414206 (2020) PENGARUH ARUS KAS DI MODERASI CSR DAN DI MEDIASI BIAYA AGENSI TERHADAP INVESTASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414206.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia bisnis khususnya kegiatan pasar modal dalam era globalisasi telah mengalami perkembangan yang pesat dalam memobilisasi dana dari perusahaan maupun masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal. Adanya pasar modal dalam kegiatan bisnis ini mempermudah perusahaan untuk berinteraksi dengan para investor sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi investasi pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Penelitian ini menggunakan arus kas sebagai variabel independen, CSR sebagai variabel moderasi dan Biaya agensi sebagai variabel mediasi yang kemungkinan dapat mempengaruhi investasi pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 41 perusahaan dengan periode pengamatan selama 6 tahun dan diperoleh 246 unit analisis dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan analisis regresi dengan variabel moderating mediating (modmed) untuk menguji pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel arus kas tidak berpengaruh terhadap investasi. CSR terbukti menjadi variabel moderasi hubungan antara arus kas terhadap investasi. Biaya Agensi mampu memediasi efek moderat CSR. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan menggunakan sampel perusahaan yang lain misal perusahaan pertambangan, perusahaan jasa, perusahaan keuangan dan lain sebagainya serta menggunakan periode pengamatan yang lebih baru agar dapat memperoleh hasil yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arus Kas, Biaya Agensi, CSR, Investasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 15:36
Last Modified: 07 Aug 2020 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37907

Actions (login required)

View Item View Item