PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN TINGKAT MODAL INTELEKTUAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)


Sofi Amanatun Khasanah, 7211414203 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN TINGKAT MODAL INTELEKTUAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414203.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini menuntut perusahaan harus melakukan stategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Salah satunya adalah dengan pengelolaan aset pengetahuan sebagai aset tidak berwujud perusahaan. Aset tidak berwujud dapat digunakan sebagai bahan untuk menciptakan nilai tambah untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan tingkat modal intelektual terhadap pengungkapan modal intelektual dengan komisaris independen sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 102 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Teknik analisis menggunakan analisis regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Tingkat modal intelektual tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. Komisaris independen memoderasi secara negatif signifikan pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan modal intelektual dan memoderasi positif signifikan pengaruh tingkat modal intelektual terhadap pengungkapan modal intelektual. Simpulan dari penelitian ini yaitu pengungkapan modal intelektual dapat dipengaruhi secara langsung oleh variabel ukuran perusahaan dan tidak dipengaruhi oleh variabel tingkat modal intelektual. Pengaruh secara tidak langsung ukuran perusahaan dan tingkat modal intelektual terbukti berpengaruh ketika dimoderasi oleh komisaris independen. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan variabel lain seperti profitabilitas, komite audit, kepemilikan manajerial dan kepemilikan asing karena variabel-variabel tersebut diduga mampu mempengaruhi pengungkapan modal intelektual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komisaris Independen, Pengungkapan Modal Intelektual, Tingkat Modal Intelektual, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 15:25
Last Modified: 07 Aug 2020 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37905

Actions (login required)

View Item View Item