PENGARUH MODAL SENDIRI DAN JUMLAH PEMBIAYAAN TERHADAP SISA HASIL USAHA DENGAN TOTAL ASET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah di Kabupaten Semarang)


Bulan Karima Nurani, 7211414202 (2020) PENGARUH MODAL SENDIRI DAN JUMLAH PEMBIAYAAN TERHADAP SISA HASIL USAHA DENGAN TOTAL ASET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah di Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414202.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Semenjak diberlakukan reformasi koperasi pada tahun 2014, ribuan koperasi telah dibubarkan karena tidak aktif atau tergolong tidak sehat. Meski tidak berorientasi pada laba, kegiatan koperasi perlu menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang layak untuk mempertahankan keberadaan dan meningkatkan kegiatan usahanya. Penurunan SHU pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Semarang dikhawatirkan dapat mempengaruhi eksistensi dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh modal sendiri dan jumlah pembiayaan terhadap SHU Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Koperasi Syariah yang beroperasi di Kabupaten Semarang berdasarkan daftar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, sejumlah 25 koperasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria KSPPS di Kabupaten Semarang yang tergabung dalam Perhimpunan BMT Indonesia, kemudian diperoleh 13 koperasi dengan masa pengamatan 5 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial modal sendiri dan jumlah pembiayaan berpengaruh positif signifikan terhadap total aset, modal sendiri berpengaruh positif signifikan terhadap SHU, jumlah pembiayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU, total aset berpengaruh positif tidak signifikan terhadap SHU, total berhasil memediasi pengaruh jumlah pembiayaan terhadap SHU, dan total aset tidak berhasil memediasi pengaruh modal sendiri terhadap SHU. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel intervening atau pengukuran lain yang mampu memperkuat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen (SHU) karena variabel intervening pada penelitian ini belum berhasil memediasi seluruh pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Sendiri, Pembiayaan, Sisa Hasil Usaha, Total Aset.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 15:02
Last Modified: 07 Aug 2020 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37904

Actions (login required)

View Item View Item