PENGARUH KINERJA MODAL INTELEKTUAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL


Ida Nuryanti, 7211414201 (2020) PENGARUH KINERJA MODAL INTELEKTUAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414201.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengungkapan modal intelektual merupakan salah satu informasi yang bersifat sukarela dan cukup bernilai bagi investor terutama untuk mengurangi ketidakpastian mengenai prospek masa depan perusahaan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini pengungkapan modal intelektual masih rendah. Hal ini dikarenakan sifat pengungkapan yang masih bersifat sukarela dan belum adanya standar atau peraturan untuk perusahaan yang sudah go publik untuk melakukan pengungkapan, sehingga membuat sebagian perusahaan enggan untuk melakukan pengungkapan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kinerja modal intelektual, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan modal intelektual. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel dan diperoleh 111 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statitistif inferensial regresi linear berganda dengan pemenuhan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusional, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Sedangkan kinerja modal intelektual, kepemilikan manajerial dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. Simpulan dari penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan profitabilitas terbukti mampu meningkatkan pengungkapan modal intelektual. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan pengukuran yang berbeda. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan pengukuran yang berbeda seperti value based measurement untuk mengukur kinerja modal intelektual dan dep to asset ratio (DAR) untuk mengukur leverage.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Modal Intelektual, Kinerja Modal Intelektual, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 14:49
Last Modified: 07 Aug 2020 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37903

Actions (login required)

View Item View Item