“PENGARUH CAPITAL ADEQUANCY RATIO (CAR), NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) PADA PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING”


Melia Ika Arumsari, 7211414199 (2020) “PENGARUH CAPITAL ADEQUANCY RATIO (CAR), NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) PADA PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414199.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan merupakan aktivitas penting karena dengan pembiayaan akan diperoleh sumber pendapatan utama dan menjadi penunjang kelangsungan bank. Sebaliknya, apabila pengelolaannya tidak baik maka akan menimbulkan permasalahan dan berhentinya usaha bank. Tujuan dari pembiayaan tidak hanya sekedar peningkatan pada aspek profit saja, melainkan juga pada aspek kemanfaatan, sehingga tujuan pembiayaan bank Islam adalah untuk memenuhi kepentingan stakeholder. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Finance (NPF), dan Financing to deposit Ratio (FDR) terhadap pembiayaan dengan dana pihak ketiga sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah bank syariah yang terdaftar di Bank Indonesia sejumlah 12 bank. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh di Annual Repport bank syariah yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2014-2016. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan bank syariah yang dipublikasikan dan diunduh resmi dari situs Bank Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAR dan FDR berpengaruh positif signifikan terhadap pembiayaan, NPF tidak memiliki pengaruh terhadap pembiayaan. CAR, NPF, FDR berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan yang dimoderasi Dana Pihak Ketiga. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembiayaan dipengaruhi oleh CAR dan FDR, munculnya DPK dapat memoderasi pengaruh antara CAR, FDR, dan NPF terhadap pembiayaan. Saran dari penelitian ini, agar peneliti selanjutnya menggunakan laporan keuangan bulanan, triwulan, atau semesteran supaya hasil dalam menguji Non Performing Financing lebih tepat di dalam periodenya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequancy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Financing To Deposit Ratio (FDR), Dana Pihak Ketiga, Pembiayan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 14:34
Last Modified: 07 Aug 2020 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37902

Actions (login required)

View Item View Item