Analisis Profil Lulusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang antara Harapan dan Kenyataan


Ahmad Nurkhin , FE Pendidikan Ekonomi and Rediana Setiyani, - and Ratieh Widhiastuti, - (2019) Analisis Profil Lulusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang antara Harapan dan Kenyataan. In: Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial 2019 , Solo.

[thumbnail of Analisis Profil Lulusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang antara Harapan dan Kenyataan]
Preview
PDF (Analisis Profil Lulusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang antara Harapan dan Kenyataan) - Published Version
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Review_Analisis_Profil_Lulusan_Pendidikan_Akuntansi_Fakultas_Ekonomi_Universitas_Negeri_Semarang_antara_Harapan_dan_Kenyataan.pdf]
Preview
PDF
Download (743kB) | Preview

Abstract

Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi akan menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi dan revolusi industri 4.0. Prodi Pendidikan Akuntansi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing. Kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh sarjana pendidikan akuntansi diantaranya adalah financial technology, digital literacy, dan networking literacy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) FE UNNES. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profil lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk tracer study. Obyek penelitian adalah lulusan dan pengguna lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) yang diwisuda pada tahun 2018. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner didistribusikan melalui aplikasi google form secara online. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) FE UNNES telah bekerja sesuai dengan bidang studi (bidang pendidikan). Hanya sebagian kecil alumni yang merintis usaha (wirausaha). Lulusan menganggap bahwa apa yang telah diperoleh selama perkuliahan sangat mendukung pekerjaan yang sedang digeluti. Walaupun demikian, masih terdapat kompetensi yang seharusnya bisa lebih baik lagi untuk dikuasai. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi di bidang pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi bahasa Inggris, dan kompetensi kerjasama dan adaptasi. Profil lulusan berdasarkan jenis pekerjaan, masa tunggu lulusan, dan IPK telah sesuai dengan sasaran mutu Audit Mutu Internal (AMI). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pengguna lulusan menunjukkan kepuasan terhadap kompetensi lulusan. Lulusan dianggap mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab masingmasing

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: lulusan, profil lulusan, pengguna lulusan, pendidikan akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 07 Aug 2020 11:32
Last Modified: 07 Aug 2020 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37899

Actions (login required)

View Item View Item