DETERMINAN CARBON EMISSION DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


Nanies Putri Halimah, 7211414198 (2020) DETERMINAN CARBON EMISSION DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414198.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Carbon emission disclosure di Indonesia merupakan pengungkapan sukarela yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk partisipasi dalam rangka mendukung pemerintah mencapai tujuannya untuk mengurangi emisi karbon. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai faktor- faktor penentu pengungkapan emisi karbon pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor- faktor yang diuji pada penelitian ini meliputi leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2016. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 56 unit analisis. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Alat analisis data pada penelitian ini menggunakan rank regression berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap carbon emission disclosure. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional, maka semakin rendah luas carbon emission disclosure yang dilaporkan oleh perusahaan pertambangan di Indonesia. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,427 yang berarti bahwa carbon emission disclosure mampu dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 42,7%. Saran dari penelitian ini adalah: (1) bagi pembuat kebijakan untuk membuat kebijakan yang mewajibkan entitas melakukan pengungkapan emisi karbon; (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan indikator lain yang telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia dalam mengukur tingkat keluasan carbon emission disclosure; (3) Selain itu, peneliti selanjutnya dapat menambah jumlah variabel yang dapat memengaruhi keputusan manajemen dalam melakukan carbon emission disclosure.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: carbon emission disclosure, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:33
Last Modified: 07 Aug 2020 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37897

Actions (login required)

View Item View Item