PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN KEEFEKTIFAN KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)


Lilis Saputri, 7211414191 (2020) PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN KEEFEKTIFAN KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414191.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prediksi financial distress penting bagi suatu perusahaan. Financial distress merupakan suatu kondisi dimana keuangan perusahaan dalam keadaan tidak sehat. Perusahaan harus bisa menangani permasalahan financial distress guna menghindari terjadinya kebangkrutan. Financial distress dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya leverage, likuiditas, profitabilitas, dan keefektifan komite audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, likuiditas dan profitabilitas terhadap financial distress dengan keefektifan komite audit sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016 sejumlah 48 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan terpilih 23 perusahaan dengan 84 unit analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan secara studi dokumentasi dengan mengumpulkan data yang dipublikasikan oleh pihak lain. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan analisis regresi moderasi uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, likuiditas, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Keefektifan komite audit mampu memoderasi pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap financial distress namun tidak mampu memoderasi pengaruh likuiditas terhadap financial distress. Simpulan penelitian ini yaitu dari enam hipotesis yang diuji hanya ada dua hipotesis yang diterima yaitu keefektifan komite audit yang memoderasi leverage dan proftiabilitas. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan menggunakan variabel GCG yang lain sebagai variabel moderating.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Keefektifan Komite Audit, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:25
Last Modified: 07 Aug 2020 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37896

Actions (login required)

View Item View Item