PENGARUH UKURAN KOPERASI DAN EFISIENSI MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS KOPERASI DENGAN PERTUMBUHAN KOPERASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada KPRI yang Terdaftar di PKPRI Kota Semarang)


Rizca Anggita Maharani, 7211414189 (2020) PENGARUH UKURAN KOPERASI DAN EFISIENSI MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS KOPERASI DENGAN PERTUMBUHAN KOPERASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada KPRI yang Terdaftar di PKPRI Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414189.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia yaitu mendorong majunya perekonomian Indonesia melalui tindakan yang taat peraturan dan hukum. Namun, apa yang terjadi saat ini tidaklah sesuai dengan harapan yang disematkan pada koperasi. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM per 31 Desember 2015, bahwa jumlah Koperasi di Indonesia sebanyak 212.135 unit terdiri dari Koperasi aktif 150.223 unit dan Koperasi tidak aktif 61.912 unit. Berdasarkan data tersebut, banyaknya koperasi yang tidak aktif membuktikan buruknya kinerja keuangan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh ukuran koperasi dan efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas koperasi dengan pertumbuhan koperasi sebagai variabel moderating pada KPRI yang terdaftar di PKPRI Kota Semarang. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah stakeholder theory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KPRI yang terdaftar di PKPRI (Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia) Kota Semarang yang berjumlah 50 KPRI. Sampel penelitian berjumlah 32 KPRI, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis regresi moderasi menggunakan software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efisiensi modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas koperasi, sedangkan ukuran koperasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas koperasi. Pertumbuhan koperasi mampu memoderasi pengaruh antara ukuran koperasi dan efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas koperasi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa ukuran koperasi tidak berpengaruh terhadap profitabilitas koperasi, namun hadirnya pertumbuhan koperasi mampu memoderasi pengaruh ukuran koperasi terhadap profitabilitas koperasi. Efisiensi modal kerja berpengaruh positif terhadap profitabilitas koperasi, sedangkan pertumbuhan koperasi mampu memoderasi pengaruh efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas koperasi. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat menambah variabel-variabel lain, seperti leverage dan umur koperasi, serta memperluas populasi penelitian sehingga tidak hanya pada sektor KPRI saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas Koperasi, Ukuran Koperasi, Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Koperasi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:14
Last Modified: 07 Aug 2020 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37894

Actions (login required)

View Item View Item