PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, RISIKO BISNIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)


Nia Ferliana, 7211414188 (2020) PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, RISIKO BISNIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414188.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebijakan pendanaan penting bagi perusahaan. Perusahaan harus memperhatikan kebijakan pendanaan agar kegiatan operasionalnya berjalan dengan lancar. Kebijakan pendanaan atau struktur modal tergantung dari manajer keuangan dalam menentukan sumber pendaannya. Sumber pendanaan dapat berasal dari internal maupun eksternal. Sumber internal yaitu laba ditahan sedangkan sumber eksternal yaitu hutang dan penerbitan saham. Struktur modal dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016 sejumlah 66 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan terpilih 37 perusahaan dengan 124 unit analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan secara studi dokumentasi dengan mengumpulkan data yang dipublikasikan oleh pihak lain. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan analisis regresi moderasi uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan perusahaan dan risiko bisnis tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap struktur modal namun tidak mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Simpulan penelitian ini yaitu dari delapan hipotesis yang diuji hanya ada empat hipotesis yang diterima yaitu ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, profitabilitas yang memoderasi pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas yang memoderasi kepemilikan manajerial. Saran untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan variabel ukuran perusahaan sebagai variabel kontol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Manajerial, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Risiko Bisnis, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 01:50
Last Modified: 07 Aug 2020 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37892

Actions (login required)

View Item View Item