ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016)


M. Rif’an Jailani, 7211414186 (2020) ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414186.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Suksesnya program tax amnesty menandakan belum efektifnya manajemen pajak di Indonesia dan cenderung mengarah pada tax evasion. Tidak hanya perusahaan kecil saja yang mengikuti program ini, namun juga perusahaan berskala besar. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris dan memberikan referensi apakah ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan persentase komisaris independen berpengaruh terhadap manajemen pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2016. Pemilihan sampel menggunakan metode puposive sampling. Hasil seleksi sampel diperoleh sampel akhir sebanyak 40 perusahaan dengan unit analisis sebanyak 80. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, dan analisis beda (t-test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen pajak. Sedangkan persentase komisaris independen berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen pajak. Namun, variabel kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen pajak. Variabel ukuran perusahaan dan corporate governance secara bersama-sama mempengaruhi variabel manajemen pajak. Penelitian ini membuktikan bahwa sebesar 91,25% perusahaan manufaktur di Indonesia memiliki kepemilikan manajerial yang sangat rendah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ratarata manajemen pajak perusahaan sebelum dan sesudah program tax amnesty. Simpulan dari penelitian ini adalah manajemen pajak dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, dan persentase komisaris independen. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain, seperti kompensasi eksekutif untuk menggantikan kepemilikan manajerial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pajak, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 01:31
Last Modified: 07 Aug 2020 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37891

Actions (login required)

View Item View Item