PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Cicilia Ratna Dewi, 7211414183 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414183.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Struktur modal merupakan masalah penting dalam suatu perusahaan. Struktur modal merupakan perimbangan antara utang dan modal sendiri. Perusahaan harus cermat dan teliti dalam menentukan sumber pendanaannya agar kegiatan operasional berjalan dengan lancar. Struktur modal dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya profitabilitas, likuiditas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur aktiva terhadap struktur modal dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Data yang digunakan berupa data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, terpilih 39 perusahaan dengan 117 unit analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan uji selisih mutlak. Analisis data yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas dan struktur aktiva berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Ukuran perusahaan terbukti dapat memoderasi pengaruh likuiditas terhadap struktur modal. Namun, ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas dan struktur aktiva terhadap struktur modal. Kemampuan variabel profitabilitas, likuiditas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan dalam menjelaskan struktur modal adalah 23,3%, sedangkan sisanya sebesar 76,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dalam penelitian ini yaitu dari enam hipotesis yang diuji hanya ada tiga hipotesis yang diterima yaitu profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan yang memoderasi likuiditas terhadap struktur modal. Saran bagi perusahaan yaitu manajemen perusahaan harus lebih memperhatikan profitabilitas dan likuiditas dalam pengambilan keputusan pendanaan. Bagi investor seharusnya memperhatikan ukuran perusahaan pada perusahaan dengan likuiditas yang tinggi karena dalam penelitian ini ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh likuiditas terhadap struktur modal. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel lain yang diduga mampu berpengaruh terhadap struktur modal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Likuiditas, Struktur aktiva, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 01:24
Last Modified: 07 Aug 2020 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37890

Actions (login required)

View Item View Item