PENGARUH KUALITAS AUDIT, LEVERAGE, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014–2016)


Aprilia Rahayu, 7211414171 (2020) PENGARUH KUALITAS AUDIT, LEVERAGE, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014–2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Opini audit merupakan laporan yang diberikan oleh seorang auditor sebagai hasil penilaiannya terhadap kewajaran laporan keuangan yang disajikan perusahaan. Opini audit digunakan oleh para pemakai laporan keuangan sebagai peringatan awal mengenai keandalan informasi keuangan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sisi pengaruh eksternal perusahaan yaitu kualitas audit dan pengaruh internal perusahaan seperti leverage, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan manajemen laba terhadap opini audit. Populasi dalam penelitian ini adalah 144 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan teknik dokumentasi. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yang menghasilkan sampel sebanyak 81 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan regresi logistik. Pengujian hipotesis menggunakan program IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit, leverage, dan manajemen laba memiliki pengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit. Sedangkan kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit. Nilai negelkerke R Square sebesar 0,161 yang berarti variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen adalah 16,1% sedangkan 83,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambahkan variabel sistem pengendalian internal perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kualitas Audit, Leverage, Manajemen Laba, Opini Audit.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 00:47
Last Modified: 07 Aug 2020 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37887

Actions (login required)

View Item View Item