HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN KONSELOR SEKOLAH DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX SMP N 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010


Ari Indah Puspitasari , 1301405017 (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN KONSELOR SEKOLAH DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX SMP N 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN KONSELOR SEKOLAH DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX SMP N 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN KONSELOR SEKOLAH DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX SMP N 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (787kB) | Preview

Abstract

Kecemasan menjadi masalah psikologis yang sering dialami oleh siswa menjelang ujian nasional. Kecemasan dapat berdampak negatif bila berlebihan. Siswa perlu dibantu untuk mengendalikan kecemasan agar tidak menimbulkan akibat yang merugikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana kecemasan yang dialami siswa, bagaimana persepsi siswa tentang peran konselor dalam menurunkan kecemasan siswa, dan bagaimana hubungan antara persepsi siswa tentang peran konselor dengan tingkat penurunan kecemasan menghadapi ujian nasional. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang peran konselor dengan tingkat penurunan kecemasan menghadapi ujian nasional . Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang peran konselor sekolah dan tingkat penurunan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas IX SMP N 22 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dan diperoleh 39 siswa sebagai sampel (responden). Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan 43.59% siswa memiliki persepsi kurang baik, 41.02% berkategori baik, 15.38% berkategori cukup baik, dan tidak ada siswa yang memiliki kategori persepsi sangat baik dan tidak baik. Rata-rata persepsi siswa masuk dalam kategori cukup baik (62.68%). Sebaran kategori kecemasan siswa adalah sebagai berikut: tinggi (53.58%), cukup tinggi (28.20%), sangat tinggi (15.38%), rendah (2.56%) dan sangat rendah (0.00%). Rata-rata kecemasan siswa masuk dalam kategori tinggi (79.09). Uji normalitas menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang peran konselor sekolah dan tingkat penurunan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional berdistribusi normal. Koefisien korelasi sebesar -0.186, sehingga kategori termasuk sangat lemah/rendah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata persepsi siswa tentang peran konselor sekolah termasuk cukup baik. Namun, kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional masuk kategori tinggi. Korelasi variabel termasuk kategori lemah/sangat rendah, dapat dikatakan bahwa peran konselor masih dipersepsikan siswa belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan kecemasan menghadapi ujian nasional. Berdasarkan kesimpulan tersebut, diharapkan konselor sekolah lebih meningkatkan perannya dalam mengatasi masalah siswa, menjalin hubungan yang lebih baik dengan siswa, serta memaksimalkan pelaksanaan pelayanan BK sesuai kode etik profesi bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, kecemasan menghadapi ujian nasional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 03:11
Last Modified: 25 Apr 2015 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item