PERBEDAAN HASIL PENGAPLIKASIAN TEKNIK GAM ALIS MENGGUNAKAN EYEBROW PENCIL, POWDER DAN CREAM PADA TATA RIAS PENGANTIN MUSLIM


Siti Nur Kholisah, 5402415023 (2020) PERBEDAAN HASIL PENGAPLIKASIAN TEKNIK GAM ALIS MENGGUNAKAN EYEBROW PENCIL, POWDER DAN CREAM PADA TATA RIAS PENGANTIN MUSLIM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402415023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Alis merupakan bingkai wajah, namun tidak semua wanita dianugerahi alis rapi. Ada cara merapikan alis seperti mencukur, mencabut, maupun eyebrow threading. Hal tersebut efisien dari segi waktu, namun beresiko dan menjadi masalah bagi masyarakat muslim Indonesia ketika menjadi pengantin karena keyakinan yang dianutnya. Muncullah teknik gam alis sebagai solusi, namun tidak semua kosmetik alis cocok diaplikasikan pada teknik gam alis dan perlu disesuaikan dengan jenis alis. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil pengaplikasian teknik gam alis menggunakan eyebrow pencil, powder, dan cream. Jenis penelitian eksperimen, dengan desain one shoot case study. Variabel bebas yaitu eyebrow pencil, powder, cream. Variabel terikat berupa hasil pengaplikasian teknik gam alis. Variabel kontrol berupa alat, kosmetik. Objek penelitian adalah eyebrow pencil, powder, cream. Subjek penelitian yaitu 3 wanita alis tebal, 3 menurun, 3 berdekatan. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan anova untuk mengetahui perbedaan. Berdasarkan uji anova diketahui eyebrow pencil, powder, cream pada uji inderawi mendapatkan nilai signifikansi 0,002, uji kesukaan mendapatkan nilai signifikansi 0,000. Simpulan: terdapat perbedaan hasil pengaplikasian teknik gam alis menggunakan eyebrow pencil, powder, dan cream. Diketahui bahwa alis tebal lebih cocok menggunakan eyebrow powder. Alis menurun lebih cocok menggunakan eyebrow cream. Alis berdekatan cocok menggunakan ketiga jenis kosmetik alis. Saran: penggunaan eyebrow pencil, powder dan cream pada teknik gam alis disesuaikan dengan jenis alis dan waktu yang tersedia ketika merias pengantin muslim karena tiap kosmetik memiliki pigmentasi, tekstur yang berbeda yang mempengaruhi efisiensi waktu pengerjaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik gam alis, Koreksi alis, Tata rias pengantin muslim
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:10
Last Modified: 06 Aug 2020 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37828

Actions (login required)

View Item View Item